advertisements
advertisements
advertisements
EKUIN  

Kementerian PANRB Gandeng NSLIC Untuk Perkuat Penyelenggaraan MPP

JAKARTA. Untuk memperkuat pelaksanaan penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP), pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) berkolaborasi dengan The National Support for Local Investment Climates (NSLIC) dalam teknis penyusunan petunjuk pelaksanaan penyelenggaraan MPP. Diharapkan melalui kolaborasi tesebut, _stakeholder_ yang terlibat dapat menjalankan MPP dengan baik.
“Sehingga semua _stakeholder_ dapat menjalankan MPP ini dengan baik sesuai dengan harapan dan tentunya juga memberikan kontribusi dalam perekonomian daerah,”ujar Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam acara Pembahasan Dukungan dan Kolaborasi Proyek The National Support for Local Investment Climates dan Kementerian PANRB secara virtual, Jumat (07/05).
Selain itu Diah juga berharap agar penyusunan teknis itu juga melibatkan banyak pihak. Apresiasi juga disampaikan oleh Guru Besar Universitas Sriwijaya tersebut terhadap dukungan yang diberikan oleh The National Support for Local Investment Climates tersebut.
“Kami sangat mengapresiasi adanya kemungkinan mendapatkan dukungan dari NSLIC baik dalam bentuk bantuan teknis maupun dalam bentuk _training_ ataupun _workshop_ pengembangan _skill_ daripada sumber daya manusia yang akan terlibat dalam penyelenggaraan MPP,” ungkap Diah.
Untuk diketahui, proyek ini merupakan proyek kerja sama antara pemerintah Kanada dan pemerintah Indonesia, dimana yang menandatangani MoU kerja sama antar negara tersebut adalah Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional sebagai  perwakilan pemerintah Indonesia. Kemudian dalam pelaksanaannya yakni lintas kementerian, karena dua pilar utama dari NSLIC adalah perbaikan iklim investasi kemudian pengembangan ekonomi lokal.
Dijelaskan, pembentukan MPP di berbagai daerah di Indonesia telah dimulai sejak tahun 2017. Hal tersebut merupakan salah satu strategi untuk perbaikan pelayanan publik nasional yakni integrasi pelayanan, dimana MPP sebagai _one stop service area_.
“Tentu ada hal-hal yang ingin kami capai selain memberikan kemudahan kepada masyarakat dan berbagai _stakeholder_ dalam menerima layanan tentu ada hal lain yang kami coba _support_ adalah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah,” tutur Diah.
Lebih lanjut dijelaskan, pada tahun 2019, Kementerian PANRB bersama dengan Universitas Indonesia, telah melakukan survei tentang efektivitas MPP dalam rangka mendukung pertumbuhan perekonomian daerah. Berdasarkan hasil survei yang dilaksanakan di 11 daerah yang sudah mengimplementasikan pusat pelayanan publik tersebut, menunjukkan bahwa MPP mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. Dari 11 MPP, total investasi pada tahun 2018 sebesar 6,6 triliun meningkat sebesar 31% di tahun 2019.
Hingga saat ini, telah terdapat 41 MPP yang tersebar di seluruh Indonesia dan telah diresmikan. Diah mengatakan bahwa saat ini masih perlu dibuat pengaturan tentang kriteria, syarat, tata cara dan mekanisme pembentukan MPP dan bisa dijadikan pedoman yang sangat penting bagi semua daerah ataupun _stakeholder_ lainnya yang akan bergabung di dalam MPP tersebut. Selain kriteria, syarat, tata cara dan mekanisme pembentukan MPP, ada beberapa poin penting yang diharapkan dapat dirumuskan ke dalam peraturan teknis ini, diantaranya adalah Manajemen Pelayanan MPP, Proses Bisnis Pelayanan MPP, Sarana dan Prasarana Pelayanan MPP, Sumber daya Manusia, dan Strategi Peningkatan Kinerja Layanan pada Pelayanan Terpadu.
Dalam kesempatan tersebut, Senior Manager Local and Regional Economic Development (LRED) Natalie Padang Leonhardt menjelaskan bahwa di tingkat nasional, NSLIC bekerja untuk mendukung prioritas Indonesia dalam perbaikan iklim investasi,  kemudian _Inter Regional Coorperation_ atau kerja sama antar daerah, serta perbaikan regulasi dengan menggunakan _tools_ yakni _Regulatory Impact Assessment_ atau analisa dampak kebijakan. Dijelaskan, khusus untuk nasional apapun yang dilakukan oleh pemerintah nasional sebagai prioritas dari pemerintah Indonesia akan didukung supaya ada perbaikan-perbaikan ditingkat pengembangan iklim investasi.
“Termasuk misalnya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Mal Pelayanan Publik itu sangat kita dukung, seperti yang dikatakan ibu Cavelle bahwa prioritas yang sedang dikerjakan oleh Kementerian PANRB sangat sejalan dengan _support_ yang bisa kami berikan,” tuturnya.
Terdapat dua jenis _support_ yang bisa didukung yang pertama yakni menyediakan _expert_. Kedua, menyediakan _training, workshop, coaching_, pengembangan _skill_, dan sebagainya.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Program Director NSLIC Cavelle Dove, staf Ahli bidang Politik dan Hukum Kementerian PANRB Muhammad Imanuddin, serta Sekretaris Deputi bidang Pelayanan Publik Akik Dwi Suharto Rudolfus. (RUL)
advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× HUBUNGI KAMI