advertisements
advertisements
Gambar Bergantian

Pasca Bentrok Pemuda Ohoijang dan Watdek Melakukan Aksi Damai

LANGGUR (DesentraLNEWS) – Penjabat (Pj) Bupati Maluku Tenggara (Malra) Jasmono, mengapresiasi aksi damai pemuda Ohoijang dan pemuda Watdek pasca kedua kelompok bentrok,Jumat (14/6/2024).

Aksi damai yang disaksikan Kapolres Malra AKBP. Frans Duma, Camat Kei Kecil Yoseph Dumatubun, Bathituut Koramil 01/Tual Pelda A.Ohoitenan, Pastor Paroki Ohoijang Thomas Ratuanak, Pj. Kepala Ohoi Ohoijang Natalius Heatubun, Sekretaris Ohoi Watdek Samsudin Renyaan, BPO Ohoijang-Watdek, para pemuda dan warga kedua ohoi digelar di perbatasan Ohoijang dan Watdek,Sabtu (15/6/2024).

Suasana gembira campur haru menyelimuti kedua kelompok saat para pemuda saling jabatan tangan,merangkul,berpelukan sambil menyampaikan permohonan maaf antara satu dengan yang lain.

Lantunan lagu rohani Kristen “alangkah bahagia” dan suara adzan masjid Watdek melengkapi ketulusan serta keiklasan para pemuda untuk hidup saling mengasihi sebagai sesama saudara.

Orangkay Ohoi (desa) Langgur Hironimus J.S. Dumatubun mengatakan, upaya perdamaian tidak lepas dari peran Noke Somnaikubun, Mama Erna, Jastin Narnere, dan Afdol Yeubun.

“keempat orang tersebut telah memulai sebuah cara baru dalam menyelesaikan masalah. Mereka sepakat menyelesaikan masalah secara kekeluargaan, karena sesungguhnya mereka tetangga sejak lama. Itulah yang menjadikan persoalan kemarin langsung selesai,”katanya pada acara perdamaian,Sabtu (15/6/2024).

Proses perdamaian dapat menjadi pelajaran bagi siapa saja, terutama warga yang tinggal di wilayah Kota Langgur.

“Kota Langgur dan sekitarnya yang akhir-akhir ini banyak sekali konflik, seolah-olah kita tidak bisa selesaikan. Padahal kalau kita semua punya cara pandang, cara tindak, dan hati seperti mereka, sesungguhanya Kota Langgur, kota yang aman.

Bersamaan dengan itu, Pj.Bupati Malra Jasmono,mengatakan,proses perdamaian antara pemuda Watdek dan Ohoijang merupakan implementasi semangat leluhur Evav (Kei) dalam upaya mewujudkan kehidupan yang aman dan damai.

“atas nama pemerintah daerah, saya sangat terharu dengan proses damai yang dilakukan oleh kedua kelompok pemuda ini. Proses yang menjadi pembelajaran untuk kita semua,”imbuhnya.

Menurutnya, proses damai adalah bentuk menyelesaikan masalah yang menguntungkan semua pihak. Kemenangan untuk Pemuda Ohoijang dan Pemuda Watdek,kemenangan untuk semua pihak.

Pemerintah Daerah,pimpinan TNI-Polri tokoh agama,adat,pimpinan OPD dan tokoh masyarakat sering dilibatkan dalam proses penyelesaian masalah di Malra.

Jasmono imbau semua pihak di Malra menjaga kamtibmas demi mewujudkan Langgur Maluku Tenggara yang maju dan sejahetra.

advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
× HUBUNGI KAMI