Rayakan HUT RI Ke-77, Indonesia Respon Gelar Lomba Tema Lingkungan ; RUMAH BERSERI, GANG BERSERI & KAMPUNG BERSERI

JAKARTA. Guna mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’S) No.3 Kehidupan Sehat dan Sejahtera No. 13. Penanganan Perubahan Iklim dan No.17. Kemitraan untuk Mencapai Tujuan; Indonesia Respon menginisiasi program dan kegiatan Lomba Rumah Berseri, Gang Berseri, Kampung Berseri dan menjalin Kerjasama dengan RT, RW dan Kelurahan Cakung Timur, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Founder Indonesia Respon Herie Marjanto menyampaikan, bahwa latar belakang diadakan lomba ini selain kampanye untuk peduli lingkungan hijau, juga berharap agar warga menjaga lingkungan agar tetap bersih, hijau dan sehat, sekaligus terhindar dari ancamaan penyakit demam berdarah; dan pilihan kata BERSERI punya makna dan singkatan Bersih, Sehat, Kreatif & Lestari. Diadakannya lomba dengan kriteria yang berjenjang ini, seperti Rumah Berseri di tingkat RT, Gang Berseri ditingkat RW dan Kampung Kreatif di tingkat Kelurahan ini dimaksudkan agar semua warga bisa terlibat dan bergerak,

Bu Dewi selaku Dasawisma dan juga jumantik RT 003/09 Kelurahan Cakung Timur yang ditunjuk sebagai tim penilai untuk lomba RUMAH BERSERI menyambut baik lomba ini. “ Kriteria penilaian lomba yang tidak ada jentik di rumah adalah salah satu kampanye yang selaras dengan program jumantik dan secara tidak langsung sangat membantu tugas-tugas kami sebagai jumantik ,“ kata bu Dewi .

Dalam kesempatan terpisah, Ketua RW09 H Dargono mengatakan, “ Kami pengurus RW sangat menyambut baik lomba Gang Berseri ini, karena bisa menumbuhkan kompetisi yang positif untuk lingkungan dan kami mendukung program Indoensia Respon dalam melakukan kerja-kerja kemasyarakatan demi perbaikan dan kelestarian lingkungan,” katanya.

Terkait dengan kegiatan yang diinisiasi Indonesia Respon ini, Lurah Cakung Timur Rachman Setiana, SE menyatakan, “ Kegiatan yang dilaksanakan bersama Indonesa Respon di lingkungan RW 09 Kelurahan Cakung Timur ini seharusnya menjadi awal kegiatan dan program inisiasi dari warga dan ini bisa menjadi contoh bagi yang lainnya. Kolaborasi warga, pengurus RT RW, swasta dan pemerintah, dalam lomba Kampung Berseri ini membuktikan bahwa Cakung Timur siap untuk kampanye Jakarta Kota Kolaborasi “.

Kegiatan ini imbuhnya, cukup membantu tugasnya dalam membangun partisipasi warga dalam kegiatan yang positif, “ Saya mendukung kegiatan ini, agar lingkungan semakin bersih, berharap warga juga dengan antusias mengikuti kegiatan ini, untuk kerja bersama dalam membersihkan lingkungan masing-masing.

Di salah satu kesempatan dalam rapat koordinasi dengan tim penilai, Founder Indonesia Respon, Herie Marjanto mengatakan bahwa ada beberapa kriteria penilaian dalam lomba ini, yaitu : rumah harus bebas jentik nyamuk, harus ada tempat sampah yang tertutup, ada pohon yang ditanam baik di tanah maupun di pot, saluran got di depan rumah harus bersih dan tidak ada mampet; ditambah lagi karena di dalam rangka HUT RI, maka umbul-umbul atau bendera merah putih adalah bagian yang harus dinilai,
“ Kami berharap ke depan lebih banyak lagi kegiatan dan program yang langsung melibatkan warga dan mendukung program pemerintah daerah ataupun pusat, lebih jauh lagi kami berharap ini bisa menjadi sebuah Gerakan Rumah Berseri atau Kampung Berseri yang nantinya menjadi budaya warga yang cinta lingkungan hijau dan bersih.

Pelaksanaan kegiatan Rumah Berseri ini akan dilakukan pada tanggal 14 Agustus 2022 di RT 003 dan Gang Berseri akan dilaksanakan pada 17 Agustus 2022 di lingkungan RW 09 dan pelaksanaan Kampung Berseri akan dilakukan pada 21 Agustus 2022. (YUS)

KPK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× HUBUNGI KAMI