advertisements
advertisements
advertisements

SMP Muhammadiyah Pontianak Raih Juara 1 LCT Pekan Kimia 2023

PONTIANAK. Siswa SMP Muhammadiyah Pontianak berhasil menyabet juara 1 pada ajang Lomba Cepat Tepat (LCT) Pekan Kimia 2023. Delegasi dari SMP Muhammadiyah berhasil mengalahkan puluhan peserta lomba yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Tanjungpura (UNTAN).

Lomba ini diikuti oleh siswa SMP dan MTS sederajat se-kota Pontianak, Kubu Raya dan sekitarnya yang terdiri dari 36 tim dan setiap tim terdiri dari 3 orang. Kegiatan yang dimulai sejak tanggal 11 sampai 19 Februari 2023 bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam bidang Kimia.

Adapun tim dari SMP Muhammadiyah Pontianak yang berhasil meraih juara 1 terdiri dari 3 siswa yaitu Rana Zalfa Almasa, Sarah Risda Hanifah dan Mikail Hafeez Assaini.

Pembina Olimpiade IPA SMP Muhammadiyah Pontianak, Deni Ariyanto mengungkapkan ajang ini menjadi tolak ukur kualitas siswa dari masing-masing sekolah.

“Kompetisi ini bisa menjadi salah satu ukuran kualitas dari siswa masing-masing sekolah,” ujarnya kepada media, Senin (20/2/2023).

Ia juga menerangkan bahwa siswa-siswi SMP Muhammadiyah Pontianak yang menang pada lomba ini merupakan siswa yang mengikuti pembinaan olimpiade dan dinilai mumpuni untuk mengikuti ajang perlombaan tersebut.

“Yang diutus adalah siswa yang mengikuti pembinaan olimpiade yang telah disediakan pihak sekolah, kemudian menunjuk siswa yang dalam keseharian memang bisa dalam hal ini,” terang Deni.

Untuk meningkatkan semangat para siswa, pihak sekolah SMP Muhammadiyah selalu memberikan apresiasiasi kepada siswa berprestasi seperti halnya tim yang menang lomba Cepat Tepat Pekan Kimia 2023 ini.

Sebagai pembina, dirinya berharap dengan prestasi yang diraih siswa SMP Muhammadiyah dapat menjadi pemicu semangat bagi siswa lainnya.

“Harapannya, prestasi di SMP Muhammadiyah bisa tetap dipertahankan dan tentunya bagi yang juara atau belum bisa menjadi pemicu semangat supaya kualitas siswa terus meningkat,” pungkasnya.

Sementara itu, Sarah Risda Hanifah salah satu siswi SMP Muhammadiyah yang menang dalam ajang tersebut mengaku senang dapat meraih juara 1 pada lomba itu.

“Senang, awalnya tidak menyangka bisa menang karena awalnya poinnya tertinggal jauh dari tim lawan yaitu SMP Immanuel 2 tim dan SMP Gembala Baik,” terang Sarah.
Sarah yang merupakan siswi kelas sembilan itu menceritakan bahwa ia dan tim mempersiapkan diri dua minggu sebelum lomba itu berlangsung.

“Kita mengikuti pembinaan hampir setiap hari untuk mendalami materi, baca-baca buku terus melihat soal-soal dan mencoba latihan seperti sistem lombanya dengan didampingi pembina,” terangnya.

Dengan menangnya ia bersama tim, kedepannya ia akan memperbanyak prestasi dan pengalaman serta bisa menjadi motivasi teman-temannya untuk bisa lebih berprestasi.

“Tetap semangat mengejar prestasi, jangan menyerah karena kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda,” pesannya.
Perlu diketahui, Sarah adalah siswa yang berprestasi dan kerap mengikuti ajang nasional. Sarah pernah mengikuti OSN Nasinonal 2022, Kompetisi Sains Madrasah di tahun 2022 meraih medali perak, kemudian Sains Competion yang diselenggarakan mahasiswa Fisika UNTAN, dan beberapa hari kedepan dirinya tengah bersiap mengikuti lomba ORBIT tingkat nasional yang akan digelar di Jakarta. (YUS)

advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× HUBUNGI KAMI