advertisements
advertisements
advertisements

Walikota Jakbar Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

JAKARTA (DesentraLNEWS) – Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 di Halaman Kantor Wali Kota Jakbar, Jalan Raya Kembangan, Sabtu (1/6/2024).

Bertindak sebagai Inspektur upacara, Walikota Jakarta Barat, Uus Kuswanto didampingi para pejabat teras lainnya dan pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Kota (Forkopimko) Jakarta Barat.

Membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi, Wali Kota Jakbar Uus Kuswanto, menyampaikan bahwa Pancasila pertama kali diperkenalkan melalui pidato Bung Karno pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045 “.

“Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” katanya.

Lebih lanjut, Uus mengajak kepada semua peserta upacara untuk bersyukur sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara.

Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Uus, Walikota Jakbar.

Hari ini, lanjut Uus Perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar (smartphone) dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Uus mengajak seluruh peserta upacara dan semua komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni dan mengajak semua untuk bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Usai memimpin Upacara Hari Lahir Pancasila tingkat Kota, Walikota Jakarta Barat, Uus Kuswanto mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila tingkat Nasional melalui media daring yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
× HUBUNGI KAMI