advertisements
advertisements
advertisements
DESA  

Pemkab Lumajang Libatkan KIM Desa untuk Merawat Indonesia dengan Jurnalisme Pencerahan

LUMAJANG (DesentraLNEWS) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur menggandeng Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa dalam upaya merawat Indonesia melalui praktik jurnalisme pencerahan.

“Kami ingin mengajak agar KIM yang kedudukannya di desa, bisa berkontribusi untuk mencerdaskan masyarakat dengan konten-konten positif yang punya nilai untuk menjaga Indonesia,” ujar Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lumajang, Mustaqim saat dimintai keterangan di sela kesibukannya, Kamis (21/3/2024).

Menurut Mustaqim, desa memiliki banyak kearifan lokal yang beragam, termasuk nilai sejarah desa maupun semangat swadaya masyarakat yang tinggi, serta nilai-nilai lainnya. Sebagai langkah konkrit, Kominfo telah memfasilitasi rubrik Warta KIM di portal daerah sejak Januari 2024 untuk memperluas distribusi berita yang dihasilkan oleh KIM desa.

“Per Januari 2024 lalu, kami telah memfasilitasi rubrik Warta KIM di portal berita daerah yang di kelola Kominfo Lumajang, agar berita-berita yang telah dirilis KIM desa bisa lebih luas lagi sebarannya,” katanya.

Lebih lanjut, Mustaqim juga menyebutkan bahwa dengan raihnya penghargaan Anugerah Media Center (AMC) 2024 oleh Kabupaten Lumajang pada 5 Maret 2024, pihaknya berkolaborasi dengan KIM untuk meningkatkan sebaran informasi positif dari Lumajang.

Kolaborasi antara Media Center dan KIM desa kedepannya, diharapkan dapat menghasilkan berita yang tidak hanya menarik, tetapi juga memuat nilai-nilai kearifan lokal yang dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat.

“Kami berkeinginan berita KIM yang punya nilai kearifan lokal bisa berkontribusi untuk merawat Indonesia, dengan jurnalisme pencerahan. Untuk itu, melalui kolaborasi antara Media Center dan KIM desa, maka berita KIM akan mewarnai Portal InfoPublik juga,” terang dia.

Langkah ini diharapkan dapat memperkuat peran KIM sebagai jurnalis warga dalam memberikan informasi yang bermanfaat serta membentuk pemahaman yang lebih baik bagi masyarakat, dalam menjaga dan membangun Indonesia ke arah yang lebih baik.

advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
× HUBUNGI KAMI