advertisements
advertisements
advertisements
DESA  

Pemprov DKI Jakarta Memberikan Piagam Pemenang Lomba Jakarta Gotong Royong

JAKARTA (DesentraLNEWS) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberikan piagam penghargaan Lomba Jakarta Gotong Royong ‘Lingkungan Asri Kota Lestari’ kepada enam lurah pemenang dari lima wilayah Kota Administrasi dan satu Kabupaten, sebagai bentuk apresiasi untuk tingkatkan semangat gotong royong.

Dikutip dari siaran pers Pemprov DKI Jakarta pada Jumat (5/4/2024), penghargaan tersebut diberikan langsung Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono di Balairung, Balai Kota Jakarta pada Jumat (5/4/2024).

Kegiatan ini menjadi ajang bagi para lurah di Jakarta berlomba menggerakkan warga di wilayahnya untuk meningkatkan kepedulian dan partisipasi dalam pengelolaan lingkungan. Heru memberikan apresiasi kepada seluruh kelurahan di Jakarta yang turut berpartisipasi dalam lomba ini.

“Apresiasi sebesar-besarnya juga diberikan kepada kelurahan lainnya yang belum terpilih sebagai pemenang untuk tetap memberikan upaya terbaiknya demi mewujudkan Jakarta sebagai Kota Global yang berkelanjutan,” ujar Heru.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Asep Kuswanto, juga mengatakan, Lomba Jakarta Gotong Royong ‘Lingkungan Asri Kota Lestari’ ini dilaksanakan berdasarkan Instruksi Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 100 Tahun 2023.

“Lomba ini berlangsung selama sembilan pekan, dari 1 Desember 2023 hingga 31 Januari 2024, dengan kriteria penilaian yang mencakup kerja bakti dan keaktifan Bidang Pengelolaan Sampah lingkup Rukun Warga (BPS RW),” ujar Asep.

Ia juga menerangkan bahwa enam pemenang tersebut, mampu memenuhi kriteria penilaian dan diharapkan dapat menjadi contoh bagi kelurahan-kelurahan lainnya.

“Ada dua kriteria yaitu, kerja bakti yang meliputi partisipasi warga, kebersihan lingkungan, keasrian lingkungan. Selanjutnya, yang dinilai adalah keaktifan Bidang Pengelolaan Sampah lingkup Rukun Warga (BPS RW), yang meliputi keaktifan penjemputan sampah terpilah dan terjadwal, keaktifan bank sampah, dan keaktifan pengolahan sampah mudah terurai (ecoenzyme/komposting/bio-konversi maggot BSF/biopori),” ujarnya.

Berdasarkan Surat Keputusan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 33 Tahun 2024, berikut adalah kelurahan yang mendapatkan apresiasi sebagai pemenang Lomba Jakarta Gotong Royong:

1.Kelurahan Cikini, Jakarta Pusat.

2.Kelurahan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

3.Kelurahan Kota Bambu Selatan Jakarta Barat.

4.Kelurahan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

5.Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timu.

6.Kelurahan Pulau Panggang, Kabupaten Kepulauan Seribu.

advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
× HUBUNGI KAMI