advertisements
advertisements
advertisements
DUNIA  

Tuntutan Hamas Tuntutan Rakyat Palestina, Gencatan Senjata Permanen

GAZA (DesentraLNEWS) – Gerakan Perlawanan Islam, Hamas, mengatakan pada Sabtu malam (13/4) bahwa mereka baru saja menyerahkan tanggapannya kepada mediator Mesir dan Qatar mengenai proposal yang mereka terima pada Senin lalu mengenai pembicaraan gencatan senjata di Gaza.

Dalam pernyataan yang dikutip dari Pusat Informasi Palestina, Ahad (14/4/2024) Gerakan Hamas menegaskan kembali komitmennya terhadap tuntutan-tuntutannya dan “tuntutan rakyat kami.”

Gerakan ini menekankan bahwa tuntutan-tuntutan ini termasuk penghentian tembakan secara permanen, penarikan tentara penjajah dari seluruh Jalur Gaza, kembalinya para pengungsi ke daerah dan tempat tinggal mereka, dan intensifikasi bantuan dan rekonstruksi.

Gerakan ini juga mengindikasikan kesiapannya untuk menyelesaikan kesepakatan pertukaran tawanan yang serius dan tulus antara kedua belah pihak. Sebelumnya pada hari itu, situs web Al Jazeera mengutip sumber-sumber informasi yang mengatakan bahwa tawaran Israel baru-baru ini tidak membawa sesuatu yang baru terkait kembalinya para pengungsi ke tempat tinggal mereka di Jalur Gaza utara.

Tawaran tersebut masih bersikeras bahwa mereka harus kembali di bawah pengawasan militer dan keamanan Israel dan dalam jumlah yang telah ditentukan, yang tidak memenuhi permintaan pemulangan tanpa syarat yang diajukan oleh Hamas.

Proposal tersebut tidak memenuhi tuntutan penarikan pasukan pendudukan dari poros Salah al-Din dan al-Rashid, juga tidak mencakup komitmen untuk menarik pasukan dari Jalur Gaza pada tahap kedua sesuai dengan pemahaman yang dicapai di Paris.

Pemerintah Netanyahu masih mengajukan persamaan terbatas untuk pertukaran tahanan dan bersikeras untuk membebaskan hanya 100 tahanan dengan hukuman tinggi, yang dipilihnya dari mereka yang dipilih oleh Hamas, untuk ditukar dengan 4 hingga 5 tentara wanita yang ditahan oleh perlawanan.

Sementara itu, Hamas menuntut perbandingan 1 banding 50, yang mengarah pada pembebasan 250 tahanan dalam kategori ini seperti yang telah ditentukan oleh Gerakan sebelumnya.

advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× HUBUNGI KAMI