advertisements
advertisements
advertisements

Diikuti 2.559 Karya, Pertamina Umumkan 19 Juara Nasional AJP 2023

Corporate Secretary PT Pertamina (Persero) Brahmantya S. Poerwadi mengatakan terjadi peningkatan karya yang dikirimkan oleh peserta AJP dari tahun ke tahun. Dari tahun ke tahun, 2021 sebanyak 2.364 karya, tahun 2022 sebanyak 2.423 karya dan tahun 2023 ini mencapai 2.559 karya. Penyelenggaraan AJP 2023 yang mengusung tema Energizing The Nation ini melibatkan seluruh media nasional dan lokal. Karya jurnalistik yang dapat diikutsertakan adalah karya yang mengandung informasi yang bermanfaat bagi publik, proporsional, mengedukasi publik, berdasarkan pada keakuratan data dan fakta serta memenuhi unsur jurnalistik.

“Anugerah ini kita nilai dari 10 teritori ada 6 kategori dari total 2.559 karya, ini merupakan suatu peningkatan. Kami sampaikan penghargaan yang luar biasa atas kerja sama yang baik antara Pertamina dan media nasional di mana kami senantiasa menerima masukan para jurnalis dan jurnalis dari media yang menyiarkan berita terkait Pertamina,” ujarnya.

Ketua Dewan Pers sekaligus Ketua Juri AJP 2023 Ninik Rahayu mengungkapkan apresiasi yang tinggi kepada Pertamina karena telah memberikan penghargaan terhadap karya insan pers dalam gelaran AJP setiap tahunnya. Ini sebagai ajang kolaborasi dan sinergi terhadap keterbukaan informasi mengenai energi di Indonesia.

“Ini ajang kolaborasi sebagai sinergi antara Pertamina dan pers tentang keterbukaan terhadap informasi mengenai energi di Indonesia. Pertamina bukan hanya merangkul jurnalis tingkat nasional tapi juga jurnalis di tingkat lokal. Sehingga jarak bukan menjadi penghalang untuk terus memberikan karya jurnalistik bagi masyarakat,” ujar Ninik.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan Pertamina baru saja melalui ulang tahun ke 66. Ini merupakan suatu perjalanan yang panjang dan media menjadi salah satu stakeholder penting untuk perusahaan energi ini.

“66 tahun ini banyak cerita, banyak informasi positif yang di share oleh media. Terima kasih kepada media yang sudah membantu menceritakan kisah Pertamina selama 66 tahun dari hulu ke hilir. Salah satu kado, Pertamina mendapat rangking nomor 1 dunia Ranking ESG sub-kategori integrated oil and gas. Ini merupakan pencapaian luar biasa dan ini tidak terlepas dari media yang memberitakan kepada masyarakat agar kita sampai di titik ini. Selamat kepada seluruh jurnalis yang menang dan bagi yang belum tetap semangat, kita terus memberikan informasi terbaik kepada masyarakat,” tambahnya.

Pemenang Best of The Best AJP 2023 jatuh kepada Kekson Fole Salukh dari media Victory News dengan judul karya “Oase Di Pelosok Pulau Timor Itu Bernama Pertashop”. Ia mengatakan sangat senang dan ini merupakan momen yang ia tunggu untuk memenangkan Best of The Best.

“Saya sangat senang akhirnya Tuhan menjawab doa saya, jujur walau sebelumnya saya sudah pernah meraih juara karya jurnalis baik di daerah maupun nasional, tapi kalau juara best of the best ini baru pertama kali. Ini momen yang saya tunggu. Saya ucapkan terima kasih kepada Pertamina yang memberikan kesempatan kepada jurnalis Indonesia untuk memberikan karya terbaik untuk Pertamina Persero,” tutupnya.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Berikut para pemenang Anugerah Jurnalistik Pertamina 2023

PEMENANG NASIONAL MEDIA CETAK
1. Kekson Fole Salukh (Victory News) Judul Karya: Oase Di Pelosok Pulau Timor Itu Bernama Pertashop
2. Hendra Friana (Fortune Indonesia) Judul Karya: Tak Gentar Pindah Haluan
3. Henny Elyati (Riau Pos) Judul Karya : “Si Hitam’’ Meliuk Membelah Perut Bumi

PEMENANG NASIONAL MEDIA ONLINE
1. Truly Okto Hasudungan Purba (Medan.tribunnews.com) Judul Karya : SPBUN Solusi Beroperasi, Akses BBM Untuk Nelayan Kini Semakin Dekat Dan Hemat
2. Euis Rita Hartati (Investor.id) Judul Karya : Digitalisasi Pertamina Memudahkan Masyarakat Mengakses Energi Bersih
3. Melba Ferry Fadly (Bertuahpos.com) Judul Karya: MNK, ‘Tabungan’ Untuk Anak Dan Cucu Kita

JURNALIS NASIONAL MEDIA RADIO
1. Ardi (RRI Merauke) Judul Karya : SPBU Bagi Warga Eks Papua Nugini
2. Salma Amin (RRI Nunukan) Judul Karya : Menjaga Ketersediaan Energi Hingga Ke Pelosok Negeri
3. Iqbal Pratama Putra (Radio PRFM Bandung 107.5 News Channel) Judul Karya: Menakar Urgensi Transisi Kendaraan Listrik Demi Indonesia Net Zero Emission

PEMENANG NASIONAL MEDIA TELEVISI
1. Syahril (Kompas TV Aceh) Judul Karya: Kini Tak Perlu Mengantri Panjang Untuk Si Hijau Subsidi
2. Dian Widaningtyas Subianto (CNN Indonesia TV) Judul Karya: Menjaga Ketersediaan BBM Di Daerah 3T (Tertinggal, Terdepan Dan Terluar)
3. Dian Hardiana (Antara TV) Judul Karya: Isi BBM Saat “Cashless” Lewat E-Voucher Mypertamina

PEMENANG NASIONAL ESSAY FOTO
1. Nova Wahyudi (Sumsel.antaranews.com) Judul Karya: Menjaga Kesehatan Petarung Api
2. Dedi Suwidiantoro (Antarafoto.com) Judul Karya: Memulihkan Asa Yang Terkikis Abrasi
3. Wahyudi (Riauaktual.com) Judul Karya: Pemasangan GPS Collar, Strategi Mitigasi Konflik Gajah Dengan Manusia

JUARA NASIONAL PUB. CSR/UMKM PERTAMINA
1. Muhammad Iqbal (CNN Indonesia) Judul Karya: CNN Heroes : Pelita Harapan Dusun Bondan
2. Dewi Umaryati dan Tim (iNews Bali TV) Judul Karya: Kedonganan Ngardi Resik
3. Tantowi Djauhari (portaljepe.id) Judul Karya: Air Kali Minyak Tak Lagi Kabur

JUARA BEST OF THE BEST
Kekson Fole Salukh – Victory News) Oase Di Pelosok Pulau Timor Itu Bernama Pertashop.

advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
× HUBUNGI KAMI