advertisements
advertisements
Gambar Bergantian
DESA  

Desa di Lumajang Modernisasi Administrasi Kelembagaan dengan Aplikasi Sederhana

LUMAJANG (DesentraLNEWS) – Dalam rangka mempermudah proses pengadministrasian kelembagaan, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Tukum Mandiri telah mengembangkan aplikasi sederhana secara mandiri. Langkah tersebut diambil untuk mendukung era digitalisasi yang kian berkembang pesat.

Ketua KIM Desa Tukum Mandiri, Muhamad Khoirul Anam menjelaskan hal tersebut dalam sebuah diskusi bersama pengurus KIM Desanya, yang bertempat di Rumah KIM Desa Tukum Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (10/6/2024) malam.

“Saat ini zaman telah memasuki digitalisasi. Kami berdiskusi bersama agar sejumlah administrasi kelembagaan bisa lebih dimudahkan pengerjaannya. Sehingga selain buku manual, kami juga mempunyai arsip buku administrasi secara digital,” jelas dia.

Khoirul juga menjelaskan, bahwa aplikasi yang dikembangkan KIM Desa Tukum Mandiri memiliki berbagai fitur yang sangat membantu dalam pengelolaan administrasi. Beberapa fitur unggulan di antaranya adalah Presensi Online Kegiatan KIM yang memungkinkan rekap otomatis aktivitas peliputan pengurus KIM dan dilengkapi dengan swafoto atau foto selfie. Selain itu, aplikasi ini juga menyertakan Biografi Pengurus KIM.

Kemudian, untuk administrasi kelembagaan, aplikasi tersebut menyediakan berbagai buku digital yang sebelumnya hanya ada dalam bentuk manual. Fitur-fitur tersebut meliputi Buku Notulensi Rapat, Buku Presensi Rapat, Buku Register Surat Masuk, Buku Register Surat Keluar, Buku Kas Masuk, Buku Kas Keluar, Buku Inventaris Barang, dan Buku Ekspedisi.

Sementara itu, Kepala Desa Tukum Susanto yang akrab disapa Cak Santo memberikan apresiasi tinggi terhadap inovasi yang diinisiasi oleh kelompok pemuda di desanya.

“Saya sangat mengapresiasi, selagi ide-ide atau gagasannya bisa membangun desa agar lebih baik,” ungkapnya.

Inovasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan administrasi kelembagaan di Desa Tukum Mandiri. Dengan adanya aplikasi tersebut, pengurus KIM Desa Tukum Mandiri dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan akurat kepada masyarakat.

advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
× HUBUNGI KAMI