advertisements
advertisements
advertisements
MARVES  

Jalan Tol Kayu Agung-Palembang Diresmikan, dari Pelabuhan Bakauheni ke Palembang Hanya 3.5 Jam!

PALEMBANG – Setelah sempat ditunda peresmiannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya meresmikan jalan tol Kayu Agung-Palembang di Kota Palembang, Sumatera Selatan, pada Selasa (25/1/2021). “Alhamdulillah jalan tol Kayu Agung-Pelambang sepanjang 42,5 km sudah selesai, sudah rampung, dan siap untuk digunakan pada hari ini,” kata Jokowi di lokasi acara.

Jokowi mengatakan jalan tol ini merupakan poros terpenting dari jalan tol Trans Sumatera, sehingga dapat menghubungkan Pelabuhan Bakauheni sampai ke Palembang.

“Jalan tol ini adalah poros terpenting dari jalan tol Trans Sumatra. Poros utama, backbone Sumatra bagian selatan. Ruas terakhir yang menghubungkan Pelabuhan Bakauheni bisa tembus sampai ke Palembang,” ujar Jokowi.

Dengan selesai dan beroperasinya jalan tol ini, lanjut Presiden, jarak tempuh dari Pelabuhan Bakauheni ke Palembang yang berjarak 373 km, dapat dipercepat. Sebelum ada jalan tol Kayu Agung-Palembang, biasanya membutuhkan waktu 12 jam untuk menempuh perjalanan dari Pelabuhan Bakauheni ke Palembang. Kini dengan adanya jalan tol tersebut, waktu perjalanan dapat dipersingkat menjadi 3 hingga 3,5 jam saja.

“Ini akan menjadi sebuah lompatan besar karena menghemat waktu tempuh hingga 75%. Efisiensi ini jelas akan memberikan kontribusi pada penurunan biaya logistik dan akan memberikan daya saing yang besar bagi Palembang, bagi Lampung,” terang Jokowi.

Jalan tol Kayu Agung-Palembang sepanjang 42,5 km merupakan tahap pertama dalam pembangunan jalan tol Kayuagung-Palembang-Betung dengan total panjang 111,7 km.

Dari panjang 42,5 km, 22 km jalan tol dibangun di atas tanah rawa yang memerlukan teknologi vakum untuk perbaikan tanah dan 8 km untuk pile slab. (YAS)

advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× HUBUNGI KAMI