advertisements
advertisements
advertisements

Hary Agung Prabowo: Peringati Hari Otda Ke 28 “Momentum Maknai Lagi Tujuan Otonomi Daerah”

TEMANGGUNG (DesentraLNEWS) – Pemkab Temanggung melaksanakan Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVIII Tahun 2024 di Halaman Kantor Bupati Temanggung, Kamis (25/4/2024). Bertindak selaku Inspektur Upacara, Pj Bupati Temanggung, Hary Agung Prabowo mengatakan peringatan Hari Otda ke-28 jadi momentum memaknai tujuan dari otonomi daerah.

“Perjalanan kebijakan otonomi daerah selama lebih dari seperempat abad merupakan momentum yang tepat bagi kita semua untuk memaknai kembali arti, filosofi dan tujuan dari otonomi daerah,” tandas Pj Bupati Hary.

Tema Hari Otda 2024 yakni “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat”.

Pj Bupati mengatakan, otonomi daerah telah memberikan dampak positif, berupa meningkatnya angka indeks pembangunan manusia (IPM), bertambahnya pendapatan asli daerah (PAD) dan kemampuan fiskal daerah.

“Peningkatan tersebut diharapkan agar dimanfaatkan untuk program-program pembangunan dan kesejahterakan rakyat, sehingga dapat meningkatkan angka IPM, menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan konektivitas, serta akses infrastruktur yang baik dan lain-lain,” katanya.

Sebaliknya Hary meminta bagi daerah yang kemampuan PAD dan fiskalnya baik, tetapi IPM-nya masih rendah, angka kemiskinan masih cukup tinggi dan akses infrastruktur belum baik, makan perlu melakukan evaluasi untuk memastikan penyusunan program dan kegiatan dalam APBD agar tepat sasaran, efektif, serta efisien.

“Saya juga mengimbau bagi daerah yang masih rendah PAD-nya, agar melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah, serta peningkatan bagi PAD, tanpa melanggar hukum dan norma yang ada, serta tidak memberatkan rakyat,” kata Pj Bupati Hary.

advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× HUBUNGI KAMI